Modal awal sukses: Memotivasi diri sendiri

Sebagai salah satu syarat sukses, semangat(motivasi) mutlak diperlukan bagi setiap orang. motivasi menjadi modal dan pemicu awal sebelum orang berpikir tentang visi dan beraksi. Tanpa motivasi , tak mungkin seseorang memiliki visi yang jelas dan jauh kedepan. tanpa motivasi, visi seseorang akan dangkal serta tidak ada keinginan untuk meraih cita-cita tinggi dengan melalui pengorbanan dan perjuangan.tanpa motivasi, aksi juga hanya sekedar retorika, tak akan terwujud walau sering diucapkan dan dipikirkan. karena orang sukses berbuat untuk berpikir sedangkan orang gagal berpikir untuk berbuat. pikiran yang gagal adalah berpikir gagal sebelum berbuat.

untuk selalu memiliki motivasi yang tinggi, kita harus mampu memotivasi diri kita sendiri. jika kita tergantung pada orang lain atau lingkungan, maka motivasi yang timbul berada pada tingkat situasional. menjadi bersemangat ketika ada penghargaan, dan menjadi lemah ketika tidak memperolehnya. Seperti yang dikatakan oleh Herzberg dalam teori Higiene-motivator. ada dua jenis motivasi, yaitu motivasi instrinsik (motivator) dan motivasi Ekstrinsik (higiene). motivasi instrinsik adalah motivasi yang berasal dari diri sendiri. sedangkan motivasi ekstrinsik yang berasal dari lingkungan. kontinum motivasi intrinsik adalah dari kepuasan rendah kepada kepuasan tinggi. sedang kontinum motivasi ekstrinsik dari ketidakpuasan rendah kepada ketidak puasan tinggi. artinya, motivas ekstrinsik tidak mempuat orang puas. ia hanya mengeleminir ketidak puasan. perbedaan acuannya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Imagejadi kepuasan hanya dapat diraih jika kita mampu memotivasi diri sendiri. sebab dengan memotivasi diri sendiri, kitalah yang mempunyai pernana penting menngenai target yang akan kita capai. hal ini akan membuat kita memiliki semangat yang lebih besar daripada ketika kita disemangati oleh orang lain.

sumber; Total motivation karya Satria hadi Lubis.

Bahasa diedit oleh Igus Rista.

gambar didapat dari http://perilakuorganisasi.com/teori-dua-faktor.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: